Minggu, 23 Desember 2012

Polres Cilacap Adakan Gelar Pasukan “Operasi Lilin Candi 2012”




Cilacap, NUANSA POST
Polres Cilacap pada hari Jumat 21 Desember 2012, bertempat di alun alun kota Cilacap melaksanakan Upacara Gelar Pasukan “ Oprasi Lilin Candi 2012” dalam rangka kesiapan pengamanan Natal tahun 2012 dan Tahun Baru 2013.Gelar pasukan dipimpin oleh Bupati Cilacap H. Tato Suwato Pamuji  selaku inspektur Upacar dan dihadiri oleh seluruh pejabat dari instansi pemerintah Kabupaten Cilacap ,TNI ,tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.
                   Di dalam upacar gelar pasukan tersebut Bupati Cilacap menyematkan  pita operasi kepada perwakilan petugas lintas sektoral. Ratusan personil berbagai satuan mulai dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Dis hub kom info dan Dinkes, Linmas, Sekuriti, Pemadam kebakaran, Rapi /senkom, SAR Wijayakusuma ,Banser dan Pramuka diperiksa kesiapanya oleh Bupati.
            Operasi Lilin 2012 ini berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2012 sampai dengan 2  Januari 2013. Sebanyak 720 personil Polres Cilacap, 242 personil gabungan dari TNI, Sat Pol PP, Linmas, Dis Hub , Rapi/ Senkom dan instansi terkait akan disiagakan selama operasi berlangsung. Gereja yang harus diamankan   berjumlah 114 buah yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Dalam kesiapan pengamanan Natal tahun 2012 dan tahun baru 2013 polres Cilacap mendirikan 8 pos pengamanan di gereja  dan 2 pos Pelayanan ,Pos pam tersebut diantaranya gereja Kristen Jawa dijalan Dr.Wahidin Cilacap, gereja GKI jalan RE Marthadinata Cilacap, gereja Maranatha jalan Suprpato, gereja GPIB jalan Rinjani Cilacap, gereja HKGB jalan kinibalu Cilacap dan pos pelayanan didirikan di Pos Polisi Sampang dan Pos Polisi Mergo Dayeuhluhur.Sedangkan gereja gereja lain yang berada di wilayah luar kota diamankan oleh Polsek setempat. 
               Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Cilacap dalam gelar pasukan Oprasi Lilin Candi 2012 menegaskan bahwa kegiatan operasional kepolisian ini  merupakan operasi kemanusiaan terpadu yang lebih mengedepankan tindakan preventif dengan didukung kegiatan deteksi dini dan tindakan penegakan hukum. Disamping itu, pola pengamanan operasi ditetapkan berdasarkan karakteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat.Pelibatan dan penggelaran personel didukung pengarahan sumber daya organisasi tersebut , diharapkan dapat mendukung tercapainya target operasi antara lain terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan aktivitas, baik pada saat beribadah, berwisata, maupun berbagai aktivitas lainnya.
                  Terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, khususnya pada titik - titik rawan kemaceta,menurunnya jumlah angka kecelakaan lalu lintas, terutama korban meninggal dunia, luka berat dan kerugian materiil lainnya dan tertanganinya kejadian bencana dengan cepat, melalui penyelamatan dan pertolongan korban yang dilakukan secara sinergis oleh seluruh unsur pelaksana terkait. oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan operasi lilin tahun ini, agar melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya, serta senantiasa mengutamakan sinergitas dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif  baik menjelang, pada saat, maupun pasca perayaan natal 2012 dan tahun baru 2012 sebagaiman yang diharapkan.Personil akan disebar diobjek- objek perayaan natal dan tahun baru seperti tempat tempat ibadah, obyek wisata ,jalur lalu lintas orang dan barang , serta lokasi yang menjadi pilihan masyarakat dalam merayakan pergantian tahun. (ASIH MURWANTI)***

 

Serah Terima Jabat Kasat Reskrim Polres Cilacap


 

Kab.Cilacap, NUANSA POST
Bertempat di aula Loka Pratidina polres Cilacap pada hari Jumat pekan lalu telah dilaksanakan serah terima jabatan Kasat Reskrim Polres Cilacap dari AKP Guntur Saputro S.Ik    kepada AKP Agus Puryadi  .SH S.IK.Upacara setijab diikuti oleh seluruh pejabat Polres ,Kapolsek Jajaran dan seluruh anggota Polres Cilacap dengan Inspektur Upacara Kapolres Cilacap AKBP Wawan Muliawan  , SH. SIK. MH.
AKP Guntur Saputro S.Ik     alumnus Akademi Kepolisian Tahun 2001 mendapat promosi jabatan sebagai Kabag Oprasi Polres Banyumas. Sedangkan AKP Agus Puryadi , SH. SIK alumnus Akademi Kepolisian tahun 2003 sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Semarang.
            Dalam upacara sertijab tersebut dilaksanakan pelepasan dan pemasangan tanda jabatan oleh Kapolres Cilacap sebagai simbol telah diserahkan nya tugas dan tanggung jawab Kasat Reskrim Polres Cilacap kepada pejabat yang baru.Selama menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Cilacap AKP Guntur Saputro SIK selama 1 tahun 2 bulan sudah banyak kasus kasus besar yang berhasil diungkap dan diselesaikan seperti kasus Aborsi, kasus pembunuhan, kasus pencurian, perjudaian dan masih banyak lagi kasus kasus yang dapat diungkap saat kepemimpinan beliau.Penggantinya nanti diharapkan bisa melanjutkan dan menyelesaikan tunggakan tunggakan kasus yang belum selasai.
            Kapolres Cilacap AKBP Wawan Muliawan  , SH. SIK. MH. , dalam sambutannya mengatakan pergantian jabatan di lingkungan Polri di laksanakan dalam rangka memberikan pengalaman dan keluasan wawasan bagi pejabat yang bersangkutan sebagai bekal dalam mengembangan diri pribadi maupun jenjang karir berikutnya dan meningkatkan dinamika organisasi serta merupakan penyegaran dan efektifitas kerja..(ASIH MURWANTI)***

Warga RW 16 Perumnas Cisalak Kelola Sampah Mandiri Lewat “Bank Sampah Balarea”




Kota Tasik, NUANSA POST
Sejak enam bulan lalu,  warga RW 16 Perumnas Cisalak Kel.Nagarasari Kec.Cipedes  berkesinambungan mengelola sampah rumahtangga secara terpadu dan mandiri, bahkan bisa menghasilkan uang bagi kesejahteraan warganya. Padahal, pengelolaan sampah itu sendiri  telah diatur lewat Perda No.7 tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Tasikmalaya dalam upaya mewujudkan “Tasik Kota Resik Bebas Sampah”
                “Dalam kaitan ini, kami mengajak warga untuk mengelola sampah secara terpadu dan mandiri, agar terciptanya lingkungan RW 16 terlihat bersih dan asri, juga sehat dan sejahtera.”ungkap  Iwan R.Hidayat dan H.Sofyan, pengurus Bank Sampah Balarea kepada NUANSA POST.
                Iwan R Hidayat menjelaskan, upaya rengrengan pengurus Bank Sampah Balarea tersebut mendapat respon positif dari warga masyarakat di lingkungan RW 16 Perumnas Cisalak.”Dengan ini, kami mengajak kerjasama program kegiatan atau kemitraan dengan Bank Sampah Balarea, dimana warga menabung kolektif dalam bentuk sampah yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya yakni sampah plastic, sampah kertas dan sampah botol atau kaleng (sampah kering). Kemudian warga akan mendapatkan sejenis nomor rekening dan buku tabungan,”katanya
                Pada buku tabungan tersebut, lanjut Iwan R.Hidayat, tertera nilai rupiah dari sampah yang sudah ditabung dan bisa ditarik atau dicairkan dalam bentuk rupiah (uang)Bank Sampah balarea mendapatkan keuntungan dari selisih hasil penjualan dengan jumlah yang harus dibayarkan kepada warga yang menjadi nasabah sampah.
                “Lantas, keuntungan yang diperoleh Bank Sampah balarea ini akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional seperti fotocopy, buku tabungan dan biaya lainnya. Semua akhirnya bermuara kepada kepentingan rakyat atau warga di lingkungan RW 16 Perumnas Cisalak. Dengan demikian, warga akan merasakan manfaat bank sampah, karena sampah dari warga bisa diuangkan dan rumah pun menjadi bersih.Dengan kata lain, sampah berubah menjadi rupiah, dan sampah merupakan tumpukan yang yang terbuang,”papar Iwan R.Hidayat mengakhiri obrolan.(YOHANES RS)***

KI Enceng Selama 70 Tidak Pernah Pakai Baju “Manusia Kulit Anti Angin dari Tasikmalaya”




Kota Tasik, NUANSA POST
Ki Enceng siang malam tidak mengenakan baju baik sedang bekerja maupun saat santai di rumah. Tak terkecuali tubuhnya diguyur hujan atau kena terik sinar matahari yang membakar kulitnya Bahkan kebiasaannya itu sudah berlangsung selama 70 tahun, sejak usia balita. Walau demikian, dia mengaku tidak pernah sakit.
                “Kebiasaan tidak pakai baju sudah sejak kecil dan Alhamdulillah tidak pernah mengalami sakit. “ujarnya.
                Karena kebiasaan yang tak pernah mengenakan baju itulah, maka masyarakat pun menjuluki Ki Enceng sebagai “Manusia Kulit Anti Angin”, dan dia tampak senang dijuluki seperti itu. Dia mengaku bersyukur, karena kondisi badannya diberi kekuatan meski puluhan tahun tidak mengenaikan baju baik diguyur hujan maupun diterpa terik matahari.
                Ada resep khusus agar kondisi badan kuat? Ki Enceng hanya berkata, kuncinya dia tidak pernah melewatkan shalat lima waktu, dan juga sering puasa Senin-Kamis meski pekerjaan sehari-harinya menggayuh becak di Kota Tasikmalaya.(YOHANES RS)***

Jumat, 14 Desember 2012

Acara Pisah Sambut Kapolres Cilacap



Kab.Cilacap, NUANSA POST
Senin  10 Desember 2012 yang lalu,  Polres Cilacap menggelar acara pisah sambut  Kapolres dimana pelepasan pejabat lama sekaligus penjemputan pejabat baru Kapolres Cilacap dari AKBP Rudi Darmoko, SIK.MSi kepada Kapolres AKBP Wawan Muliawan SH.SIK.MH. Seperti diketahui serah terima jabatana telah dilaksanakan di Polda Jawa tengah pada hari Jumat 7 Desember 2012 yang lalu. AKBP Rudi Darmoko, SIK.MSi yang selanjutnya berdinas di Polda Metro Jaya Sebagai Kabag Binkar Biro SDM telah menjabat sebagai Kapolres Cilacap kurang lebih 2 tahun.
AKBP Wawan Muliawan lulusan Akabri Kepolisian tahu 1993 yang sebelumnya menjabat sebagi Kapolres Pemalang  ini merupakan kali kedua bagi beliau karena 13 tahun yang lalu tepatnya tahun 1998-1999 pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Cilacap. Acara diawali dengan penyambutan Kapolres yang baru  dengan terdisi gerbang pora oleh para perwira Polres Cilacap dan Kapolsek jajaran dilanjutkan pemotongan pita yang dipasang dipintu masuk lobi Polres Cilacap.
            AKBP Rudi Darmoko, SIK.MSi diantarkan oleh seluruh anggota Polres Cilacap  dengan menggunakan kereta kuda dan dimeriahkan atraksi barongsai dari klenteng Cilacap yang mengawal perjalanan Kapolres dari halaman Polres Cilacap ke gedung griya patra yang berjarak kurang lebih 300 meter.
Dalam sambutanya AKBP Rudi Darmoko menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh eleman masyarakat Cilacap apabila saat menjabat sebagai Kapolres memiliki kesalahan, Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu dalam pelaksanaan tugas kedinasan.
Dalam sambutan Kapolres Cilacap yang baru, AKBP Wawan Muliawan memohon dukungan kepada semua masyarakat Cilacap pada umumnya dan pada seluruh anggota Polres Cilacap pada khususnya agar bersama sama bersinergi mewujudkan Cilacap yang semakin aman dan kondusif.
            Seluruh anggota Polres Cilacap menyampaikan selamat jalan kepada AKBP Rudi Darmoko, SIK.MSi semoga lebih sukses  ditempat tugas yang baru dan Kepada AKBP Wawan Muliawan, SH.SIK.MH kami ucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Kapolres Cilacap. Kami seluruh anggota Polres Cilacap siap mendukung kebijakan Kapolres Cilacap guna kemajuan Polri.(ASIH MURWANTI)***